Jumat, 30 September 2011

METODE RISET BISNIS

METODOLOGI RISET BISNIS
Analisis Jurnal Ilmiah 1 oleh: Nama: Elfrisca Melsya Febyana, NPM: 34209007

1. Judul: " PENGARUH PELAKSANAAN ADVERTISING YANG EFEKTIF UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA HOTEL SALAK”

    Pengarang: Anggi Larasati Tahun: 2007

2. Tema: Pelayanan Pelanggan.


3. Latar Belakang Masalah:
Apa yang disebut sebagai pemasaran sebenarnya lebih sekedar mendistribusikan barang dari para produsen pembuatnya ke para konsumen pemakainya. Pemasaran sesungguhnya meliputi semua tahapan, yakni mulai dari penciptaan produk hingga ke pelayanan purna jual setelah transaksi penjualan itu sendiri. Salah satu tahapan dalam pemasaran tersebut adalah advertising. Tahapan-tahapan tersebut bagaikan mata rantai yang saling berhubungan dan jalinannya akan terputus jika salah satu mata rantai itu lemah. Dengan demikian advertising merupakan tahap yang sangat penting, sama pentingnya dengan mata rantai yang lain dari proses pemasaran. Keberhasilan mata rantai yang satu sangat menentukan keberhasilan yang lain.

4.Masalah:
Seperti halnya pada setiap organisasi atau perusahaan dalam menjalankan aktivitasnya pasti akan menghadapi suatu permasalahan. Demikian juga Hotel Salak dalam menjalankan usahanya menghadapi masalah dalam bidang pemasaran khususnya dalam pelaksanaan advertising-nya. 
Adapun permasalahan yang dihadapi oleh Hotel Salak adalah: “Bagaimana cara untuk melaksanakan advertisng yang tepat, agar dapat mempengaruhi tingkat penjualan hunian kamar di Hotel Salak.

5. Tujuan Riset: 
Adapun tujuan penelitian yang dilakukan pada Hotel Salak ini adalah: 
1. Untuk mengetahui pelaksanaan advertising yang dilakukan oleh Hotel Salak dalam usaha untuk meningkatkan jumlah kunjungan tamu. 
2. Untuk mengetahui hubungan dan pengaruh antara pelaksanaan kegiatan advertising terhadap volume penjualan kamar hotel

6.Teori&Penelitian:
LandasanTeori:

Menurut Kotler (2005:9) diterjemahkan Teguh mendefinisikan pemasaran adalah: “Suatu proses sosial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain”

Swastha (2007:10) pengertian pemasaran adalah sebagai berikut: “Pemasaran adalah keseluruhan dari kegiatan-kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial”.

DimensKualitasPelayanan:

1. Periklanan 
Bentuk prosentasi dan promosi pribadi tentang ide, barang dan jasa yang dibayar oleh sponsor tertentu. 
2. Personal selling 
Presentasi lisan dalam suatu percakapan dengan suatu calon pembeli atau lebih yang ditujukan untuk menciptakan penjualan. 
3. Publisitas 
Pendorong permintaan secara non pribadi untuk suatu produk, jasa atau ide dengan menggunakan berita komersil di dalam media massa dan sponsor yang tidak terbebani oleh sejumlah karyawan secara langsung. 
4. Promosi penjualan 
Kegiatan pemasaran selain personal selling, periklanan dan publisitas yang mendorong pembelian konsumen dan efektivitas penyalur

Kepuasan Pelanggan:
menurut Kotler (1997), kepuasan pelanggan adalah kepuasan atau kekecewaan yang dirasakan konsumen.


7. Metode Penelitian:
-Analisis dan Pembahasan
-Uji Validitas dan Reabilitas

8. 
Kesimpulan:
Dapat disimpulkan bahwa volume kedatangan tamu di hotel salak tersebut meningkat.

9. Metodologi

1. Wawancara
a. Wawancara
Peneliti melakukan Tanya jawab secara langsung dengan pihak-pihak yang bersangkutan, yaitu suluruh pegawai customer care PT.Telkom.
b. Kuesioner
Yaitu menyebarkan daftar pertanyaan kepada responden, yaitu pegawai customer care PT.Telkom. 
8. Metode Analisis Data
Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah:
a. Metode analisis deskriptif
Metode analisis deskriptif merupakan cara merumuskan dan menafsirkan data Sehingga memberikan gambaran yang jelas tentang komunikasi dan semangat kerja karyawan Customer care Berdasarkan hasil jawaban responden.
b. Metode analisis kuantitatif
Metode yang digunakan untuk menyajikan data dalam bentuk angka. Peneliti menganalisis data dengan menggunakan metode Analisis Regresi Linier Sederhana  

10.Ruang lingkup  materi :
1.      Lokasi dan Waktu Penelitian
2.      Jenis dan Sumber Data
3.      Data Primer
4.      Data Sekunder
5.      Metode Pengambilan Sampel
6.      Pengujian Kuesioner

11.aktivitas dan kegiatan

Layanan
Hotel Salak The Heritage ini juga didukung oleh beberapa layanan seperti:
1. Wedding Organizer
HSTH bekerjasama dengan Bee Wedding & Party Organizer menyediakan pernikahan satu atap, di mana semua kebutuhan pernikahan Anda termasuk pasangan pernikahan sehingga tak perlu khawatir dan dapat berkonsentrasi penuh untuk kegiatan sehari-hari mereka.

2. Outbound Organizer
Penting bagi perusahaan untuk membangun & memelihara kerja sama tim, sehingga perusahaan akan mencapai tujuannya. 
Membangun tim kerja yang baik bisa memakan waktu yang lama tetapi program outbound kami dipersiapkan dengan baik untuk memecahkan masalah. 
Kami membuat beberapa program yang akan mendukung dan perilaku positif karyawan.http://www.beeoutbound.com


3. Bogor Hotel Institute
Bogor Hotel Institute: Salah satu Best Hotel Sekolah di Bogor 
Bogor Hotel Institut, adalah salah satu sekolah di Bogor hotel yang naik oleh Hotel Salak The Heritage pada tahun 1999 sebagai Tanggung Jawab Sosial Perusahaan bagi orang Bogor. 
Sejak tahun 2004, Bogor Hotel Institute adalah sepenuhnya dikelola oleh Hotel Salak The Heritage dan telah berkomitmen untuk Wisata Indonesia dengan menghasilkan proffesional di Hospitality Industri. 
Perhotelan Dunia Industri ini berkembang pesat dan tidak pernah berhenti, dengan demikian memberikan Huge Career Opportunity di Hotel dan Resort global perusahaan, Cruise Ship, Travel Agent, Apartemen, Etc 

4. Training & Conference
BTCO, sebagai penyedia pelatihan untuk semua jenis perusahaan terutama untuk Minyak dan Gas Company, selalu mempersiapkan program pelatihan berkualitas tinggi yang dapat tersirat dalam operasional perusahaan.

5. Party Organizer
Kami juga didukung oleh Party Organizer yang menyediakan hiburan bagi tamu kita maupun untuk umum.
Party Organizer yang telah berhasil menyelenggarakan beberapa kegiatan besar seperti:
• konser musik Maliq d'esensial, Rio Febrian, Marcell, Glenn Fredly, Syahrani, Wong Pitoe, Buitenzorg Jazz dengan Idang Rasyidi & Musisi Jazz yang lain, dll
o Bogor Lelang,
o Launching produk,
o Pameran
o etc

Acara Malik & d’essentials

12.  hasil
mampu bersaing sebagai hasilnya, harus didukung oleh manajemen yang mampu, profesional sumber daya manusia, pelayanan memuaskan dan fasilitas yang sesuai.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar