Sabtu, 01 Oktober 2011

METODE RISET BISNIS

Analisis Jurnal Ilmiah 2 oleh: Nama: Elfrisca Melsya Febyana, NPM: 34209697

1. Judul: "Strategi Pemasaran Produk di KFC"
    Pengarang: Candra Hadi Purnama & Arif Rahman Sholeh
    Tahun: 2007

2. Tema: Pelayanan Pelanggan.


3. Latar Belakang Masalah:
Walaupun banyak faktor yang mempengaruhi suatu strategi pemasaran organisasi, namun semua pengambilan keputusan pemasaran dapat digolongkan ke dalam empat unsur-unsur strategi, yang dikenal sebagai bauran pemasaran: Produk, Harga,Tempat, dan promosi. Ketika produk potensial dianalisa dan dikembangkan untuk target pasar , maka harus dipandang dengan bauran pemasaran.


4.Masalah:
Sebuah produk yang dirancang dan dipasarkan dengan baik dapat menentukan premium harga dan mendapatkan laba besar.dan sebaliknya produk yang kualitasnya bagus tetapi tidak ditunjang dengan strategi harga yang tepat dapat berakibat tujuan perusahaan tersebut menjadi gagal, atau sebagus apapun saluran distribusi dan promosinya tanpa dibarengi dengan strategi harga yang tepat akan mengakibatkan tujuan perusahaan tersebut menjadi gagal tercapai.
5. Tujuan Riset:
Untuk menarik perhatian para konsumen yang memang menyukai makanan KFC
6. Teori & Penelitian:
memaksimumkan pengalaman konsumen yang menyenangkan dan
meminimumkan pengalaman konsumen yang kurang meyenangkan
(Tjitono, 1996).

Landasan Teori:
Harga merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam pemasaran suatu produk karena harga adalah satu dari empat bauran pemasaran / marketing mix (4P = product, price, place, promotion / produk, harga, distribusi, promosi). Harga adalah suatu nilai tukar dari produk barang maupun jasa yang dinyatakan dalam satuan moneter.
Dimensi Kualitas Pelayanan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat kualitas pelayanan KFC menurut pendapat responden, (2) tingkat loyalitas konsumen pada merek KFC, dan (3) tingkat hubungan kualitas pelayanan dengan loyalitas konsumen pada produk restoran cepat saji KFC.
Pasuraman, Zeithmal dan Berry (1985, dalam Sitaniapessy, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2006:17) menyebutkan lima dimensi kualitas pelayanan yang disebut dengan SERVQUAL (Service Quality) yang terdiri atas: (1) Tangibles (kasat mata), (2) Reliabilitas (keandalan), (3) Daya tanggap, (4) Jaminan, dan (5) Empati. Adapun untuk mengukur loyalitas konsumen, Aaker (1997:63-68) menyebutkan beberapa indikator sebagai berikut: (1) Pengukuran sikap (attitude), (2) Pengukuran resistensi untuk tidak beralih (switching resistence), (3) Pengukuran tingkat kepuasan, (4) Rasa suka terhadap merek, (5) Pembeli yang komit.
Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik proportionate sampling (penyampelan secara proporsional), dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang

Kepuasan Pelanggan:
Bagi perusahaan, kepuasan konsumen sangat penting bagi peningkatan penjualan produk. Selain itu kepuasan konsumen mempunyai peranan penting untuk mempertahankan pelanggan dan juga untuk meningkatkan pelanggan restoran KFC

7. Metode Penelitian:
-Analisis dan Pembahasan
-Uji Validitas dan Reabilitas


8. Kesimpulan:
dapat disimpulkan bahwa pelayan pelanggan  di KFC  akan sangat puas dengan layanan yang akan di terima konsumen 

9. Metodologi
Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dan  rata-rata
hitung (mean score).  Sebagai acuan jumlah populasi diambil dari jumlah
konsumen yang berkunjung selama bulan September sampai pada Nopember
2009, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 100 responden, dengan metode
penarikan sampel yaitu konsumen yang sedang mengunjungi KFC yang secara
kebetulan bertemu digunakan sabagai responden (sampel aksidental). Untuk
menguji validitas dan reliabilitas digunakan program aplikasi komputer SPSS

10. Ruang Lingkup Materi
1. membahas pelayanan tentang bagaimana melayani konsumen agar tetap puas dengan produk KFC
2.  belejar mengenai cara pemasaran yang baik
3. Bekerja  cepat agar konsumen tidak merasa kecewa


11. aktivitas dankegiatan

Layanan KFC
Ada beberapa layanan yang disajikan pihak KFC kepada konsumennya,
hal ini dilakukan guna memanjakan para konsumen sehingga merasa puas dan
loyal kepada KFC. Layanan tersebut meliputi :
1. Layanan pesan antar
KFC menyediakan layanan pesan antar dengan menelepon KFC terdekat,
maka dengan segera pihak KFC akan langsung mengantar pesanan ke alamat
pemesan. Untuk melakukan layanan antar ada beberapa syarat yang ditetapkan
pihak KFC antara lain meliputi :
a. Batas wilayah antar maksimum lima kilometer dari KFC ke alamat
pemesan
b. Jarak waktu pemesanan dengan pengantaran kurang lebih 30 menit sejak
diterimanya pesanan oleh karyawan KFC.
c. Produk pesanan yang diantar minimum Rp 30.000 (sebelum pajak)
dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 4.000 dan ini berlaku sebelum tahun
2008. Mulai tahun 2008 pengantaran produk pesanan tidak dibatasi lagi,
artinya berapapun pesanan konsumen siap dilayani dan diantar ketempat
tujuan.
d. Maksimum pemesanan antaran untuk jenis paket adalah 50 kotak.
2. Layanan KFC catering
KFC catering & home delivery adalah salah satu bentuk layanan KFC kepada
konsumen dalam memenuhi kebutuhan konsumsi berbagai acara keluarga atau
kantor seperti arisan, pesta, reuni, bazzar dan lain-lain. Konsumen dapat
36
Universitas Sumatera Utaramelakukan pesanan  catering kepada KFC kapan saja, melalui layanan KFC
catering ini diharapakan konsumen dapat dimanjakan sehinggan tetap loyal
terhadap KFC.
3. Layanan Chaki Club
KFC memiliki  chaki club yang hingga saat ini telah tersebar di 15 kota di
Indonesia, salah satunya adalah di kota Medan. Chaki Club merupakan wadah
berkumpulnya anak-anak KFC. Anggota chaki club dapat mengikuti berbagai
kegiatan rutin yang bertujuan untuk mendidik anak. Hingga saat ini (2010)
anggota chaki club telah mendekati angka 50.000 anak se-Indonesia.
Ada banyak program yang ditawarkan kepada anak-anak bila menjadi anggota
chaki club seperti dapat merayakan ulang tahunnya di KFC dengan mendapat
harga potongan khusus, mendapat hadiah bila menjadi juara kelas di sekolah,
dapat mentraktir ulang tahun orang tuanya dengan paket khusus dan program
lainnya yang bermanfaat untuk mendidik anak.
4. Layanan Infoline
Layanan infoline merupakan bentuk media komunikasi yang disediakan pihak
KFC untuk memfasilitasi penyampaian keluhan konsumen dan informasi
lainnya yang berkaitan dengan KFC. Kapan dan dimana saja via telepon
melalui  infoline akan selalu melayani keluhan konsumennya, diharapkan
keluhan dan informasi lainnya dari pelanggan akan terinput dengan lebih baik
dan diproses secra lebih efektif

12. Pembahasan dan analisis
Jadi pembahasan mengenai pentingnya pelayanan di Kfc ini sangat berpengaruh pada kwalitas KFC tersebut karena poduk ini sudah sangat terkenal  seantero dunia maka tidak terlalu sulit lagi untuk menyebarkan atau mempromosikan produk ini

13. Hasil
Masih banyk masyarakat hingga saat ini yang masih menyukai prodk KFC tersebut karena karena kinerja para karyawannya yang sangat baik dan dikarenakan produk ini sudah terkenal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar