Sabtu, 24 September 2011

Metode Riset Bisnis

Metonologi Riset Bisnis
Analisis Jurnal Ilmiah 2 oleh: Nama: Elfrisca Melsya Febyana, NPM: 34209697

1. Judul: "Strategi Pemasaran Produk di KFC"
    Pengarang: Candra Hadi Purnama & Arif Rahman Sholeh
    Tahun: 2007

2. Tema: Pelayanan Pelanggan.


3. Latar Belakang Masalah:
Walaupun banyak faktor yang mempengaruhi suatu strategi pemasaran organisasi, namun semua pengambilan keputusan pemasaran dapat digolongkan ke dalam empat unsur-unsur strategi, yang dikenal sebagai bauran pemasaran: Produk, Harga,Tempat, dan promosi. Ketika produk potensial dianalisa dan dikembangkan untuk target pasar , maka harus dipandang dengan bauran pemasaran.


4.Masalah:
Sebuah produk yang dirancang dan dipasarkan dengan baik dapat menentukan premium harga dan mendapatkan laba besar.dan sebaliknya produk yang kualitasnya bagus tetapi tidak ditunjang dengan strategi harga yang tepat dapat berakibat tujuan perusahaan tersebut menjadi gagal, atau sebagus apapun saluran distribusi dan promosinya tanpa dibarengi dengan strategi harga yang tepat akan mengakibatkan tujuan perusahaan tersebut menjadi gagal tercapai.
5. Tujuan Riset:
Untuk menarik perhatian para konsumen yang memang menyukai makanan KFC
6. Teori & Penelitian:
memaksimumkan pengalaman konsumen yang menyenangkan dan
meminimumkan pengalaman konsumen yang kurang meyenangkan
(Tjitono, 1996).


Landasan Teori:
Harga merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam pemasaran suatu produk karena harga adalah satu dari empat bauran pemasaran / marketing mix (4P = product, price, place, promotion / produk, harga, distribusi, promosi). Harga adalah suatu nilai tukar dari produk barang maupun jasa yang dinyatakan dalam satuan moneter.
Dimensi Kualitas Pelayanan:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat kualitas pelayanan KFC menurut pendapat responden, (2) tingkat loyalitas konsumen pada merek KFC, dan (3) tingkat hubungan kualitas pelayanan dengan loyalitas konsumen pada produk restoran cepat saji KFC.
Pasuraman, Zeithmal dan Berry (1985, dalam Sitaniapessy, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2006:17) menyebutkan lima dimensi kualitas pelayanan yang disebut dengan SERVQUAL (Service Quality) yang terdiri atas: (1) Tangibles (kasat mata), (2) Reliabilitas (keandalan), (3) Daya tanggap, (4) Jaminan, dan (5) Empati. Adapun untuk mengukur loyalitas konsumen, Aaker (1997:63-68) menyebutkan beberapa indikator sebagai berikut: (1) Pengukuran sikap (attitude), (2) Pengukuran resistensi untuk tidak beralih (switching resistence), (3) Pengukuran tingkat kepuasan, (4) Rasa suka terhadap merek, (5) Pembeli yang komit.
Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik proportionate sampling (penyampelan secara proporsional), dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang

Kepuasan Pelanggan:
Bagi perusahaan, kepuasan konsumen sangat penting bagi peningkatan penjualan produk. Selain itu kepuasan konsumen mempunyai peranan penting untuk mempertahankan pelanggan dan juga untuk meningkatkan pelanggan restoran KFC

7. Metode Penelitian:
-Analisis dan Pembahasan
-Uji Validitas dan Reabilitas


8.
Kesimpulan:
dapat disimpulkan bahwa pelayan pelanggan  di KFC  akan sangat puas dengan layanan yang akan di terima konsumen 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar