Kamis, 12 April 2012

“PROSEDUR PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI KFC (KENTUCKY FRIED CHIKEN) JAKARTA SELATAN”

                                                                          BAB II
                                                     TEMPAT KERJA PRAKTIK                 

            2.1  Gambaran Umum Perusahaan
   Pada pertengahan tahun 1930-an Colonel Harland Sander membeli sebuah motel dan restorant swalayan di Corbin, Kentucky, sebuah kota kecil yang berjarak kira-kira 25 mil dari perbatasan Tenesse. Pada usia 40-an Harlan Sanders sudah menjalani beberapa jenis pekerjaan sebelum menjalani pekerjaan dibidang restoran, dari perkeretaapian sampai mengoperasikan kapal terbang.
Colonel Harland Sanders sangat gemar memasak dan selalu mencoba menggabungkan beberapa macam bumbu masak. Namanya mulai terkenal ketika ia menemukan suatu cara menggabungkan sepuluh macam bumbu dan rempah-rempah dengan tepung untuk menepungi ayam yang akan digoreng. Pada hari minggu ketika akan menyiapkan ayam untuk sejumlah wisatawan, ia menambahkan bumbu yang kesebelas.
   Kemasyurannya bertambah, akan tetapi keadaan ekonomi pada tahun 1950-an maka Colonel H Sanders menjual usahanya di Corbin. Pada tahun 1956, Colonel H. Sanders di Corbin mulai memperkenalkan tepung dan bumbu istimewanya serta panci masak yang bertekanan tinggi, dia menjual proses masaknya dan bumbu masak yang dipak pada pemilik-pemilik restoran di seluruh Amerika Serikat. Colonel H. Sanders menjual konsepnya dalam bentuk royalti yang besarnya 5 sen Dollar pada tiap ayam yang dijual kepada penerima haknya, dan sebagian besar transaksi diserahkan dengan jabatan tangan saja. Setelah yakin usahanya sudah berkembang lebih besar dari pada yang dapat ia tangani, Colonel menjual Kentucky Fried Chiken kepada sekelompok orang yang diketuai oleh Jhon Y. Brown JR dari Lousvile, Kentucky dan Jack Massey dari Neshvile Tenesse. Colonel tetap sebagai duta besar kehormatan pada perusahaan tersebut dan membantu perkembangan menabjubkan perusahaan itu. Pada tahun 1971 KFC Corporation bergabung dengan Heublin diambil alih oleh RJ. Reinold Industries (RJR) dari wiston salem, Calivornia Utara. RJR adalah salah satu perusahaan barang konsumsi yang terkemuka didunia dengan produk-produk minuman, makanan, dan rokok yang terkenal. RJR Industries juga mempunyai investasi besar pada perkapalan peti kemas, energi dan pengemasan. Pada tahun 1986 KFC diambil alih oleh Pepsi Cola International. Sekarang terdapat lebih kurang 7.500 buah restoran KFC di 45 negara.
 Pada tahun 1978, KFC masuk ke Indonesia adalah PT. Fastfood Indonesia. Tbk (pereseroan), yang pada waktu itu masih dimiliki oleh kelompok usaha Gelael sebagai pemegang hak eksekutif usaha waralaba KFC di Indonesia. KFC membuka restoran pertama di Indonesia di Jalan Melawai Raya No. 84-85 Jakarta Selatan pada tanggal 18 Oktober 1978. Keberhasilan restoran KFC pertama ini membuka jalan bagi perseroan untuk menjadi pimpinan pasar restoran cepat saji yang dominan di pasaran Indonesia selama kurun waktu 18 tahun. Kemudian pada tahun 1980 juga didirikan restoran KFC yang kedua di Jalan Ir. H. Juanda No. 40-44 Bandung. Perkembangan restoran sangat pesat sekali dengan banyak didirikannya restoran-restoran KFC yang lain. Pada tahun 1990 Gelael Group menjual 45 % dari seluruh saham yang dimilikinya. Untuk lebih mengembangkan KFC didalam menghadapi tingkat persaingan yang lebih besar dari perusahaan-perusahaan yang menjual makanan, minuman, dan bentuk penyajian yang sama dan meningkatkan kemampuan pemberian pelayanan yang memuaskan konsumen, maka pada tahun 1993 PT. Fastfood Indonesia, Tbk melakukan penawaran perdana sahamnya kepada publik sebesar 20%. Sampai dengan tahun 1999, KFC di Indonesia sudah berdiri sebanyak kurang lebih dari 164 restoran yang terdapat di 36 kota besar di 20 propinsi dengan lebih dari 6.600 karyawan dan total penjualan diatas Rp. 196 milyar.
Untuk daerah operasi Area VIII yang meliputi daerah Bandung, Cirebon, dan Tasikmalaya sudah memiliki 12 restourant, 3 layanan pesan antar, 3 layanan counter Express. 


2.1.1  Visi dan Misi Perusahaan
Visi
Ada pun visi dari restoran KFC secara umum yaitu,  mempertahankan kepemimpinan KFC dalam industry restoran cepat saji dan selalu menjadi brand Nomor  1 yang termodern dan terfavorit dalam segi produk, harga, layanan, dan fasilitas restoran.
Misi
Memperkokoh citra brand KFC dengan strategi-strategi dan ide-ide yang inovatif, meningkatkan suasana bersantap yang tak terlupakan dengan terus memberikan produk, layanan, serta fasilitas restoran yang selalu berkualitas mengikuti kebutuhan dan selera konsumen yang terus berubah.

2.1.2  Produk-Produk Perusahaan
            Adapun terdapat beberapa produk unggulan dari PT. Fast Food Indonesia, Tbk adalah Original Recipe dan Hot & Crispy.  Selain itu diluncurkan produk unggulan lain seperti, Colonel Burger, Crispy Strips, Twister, dan Colonel Yakiniku pada tahun 2007.  PT. Fast Food Indonesia, Tbk pada tahun 2009 menambahkan variasi menu dengan harga sangat terjangkau, bernilai tambah dengan meluncurkan menu “Goceng” yaitu variasi menu seharga Rp. 5000,00 dan untuk memberikan variasi pilihan menu “Goceng” dari waktu ke waktu sesuai dengan selera konsumen.
            Ada pun menu-menu yang ditawarkan oleh KFC terdiri dari main menu, snacks, hot side items, cold side items, desert, dan beverages.   







             2.3.1  Uraian Tugas          
Penjelasan mengenai Struktur Umum Organisasi
Secara umum Job descriptions atau gambaran pekerjaan dari bagan diatas adalah:
1.      Board of Director
a.       Memimpin perusahaan dan membina jajarannya.
b.      Menyusun rencana perusahaan jangka pendek dan jangka panjang serta visi, misi dan strategi dalam mencapai tujuan perusahaan.
c.       Mengkoordinasikan dan mengawasi para manager dalam tugasnya.
  1. Chief Operations Officer
a.       Bertanggung jawab terhadap semua program yang dilaksanakan oleh program operasional.
    1. Mengontrol seluruh biaya operasional.
    2. Mengontrol jalannya operasional seluruh restoran KFC.
  1. General Manager Operations
    1. Menerapkan dan menetapkan target penjualan perusahaan.
    2. Mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM), sistem, prosedur.
    3. Merencanakan visi, misi, strategi dalam mencapai tujuan perusahaan.
    4. Mengawasi dan mengontrol departemen-departemen yang dibawahnya.
    5. Melakukan pengorganisasian wewenang atas perencanaan yang selama setahun berjalan.
    6. Menetapkan anggaran setiap departemen.
  2. General Manager Business Development
a.       Merencanakan business plan perusahaan.
b.      Merencanakan pengembangan restoran.
c.       Mengembangkan SDM, produk, marketing.
d.      Merencanakan visi, misi serta strategi untuk mencapai tujuan perusahaan.
e.       Mengontrol anggaran setiap departemen.
f.       Mengawasi dan mengontrol biaya setiap departemen.
g.      Mengawasi dan mengontrol departemen-departemen yang dibawahinya.

  1. General Manager Finance and Administration
a.       Menyusun rencana kerja anggaran pendapatan dan pengeluaran perusahaan.
b.      Melakukan pencatatan atas transaksi yang terjadi di perusahaan.
c.       Menyusun laporan keuangan atas transaksi yang terjadi di setiap restoran.
d.      Mengkoordinir dan mengawasi kegiatan administrasi perusahaan.
e.       Mengkoordinir setiap departemen yang ada di bawahnya.
f.       Mengendalikan pendapatan dan pengeluaran perusahaan.
g.      Mengawasi dan mengontrol departemen-departemen yang dibawahinya.
6.      Marketing Departement Manager
a.       Merencanakan pemasaran promosi produk baru.
b.      Merencanakan anggaran perusahaan.
c.       Merencanakan, meningkatkan, membangun, memelihara image perusahaan dalam masyarakat.
d.      Merencanakan pengembangan promosi tingkat lokal maupun nasional.
e.       Mengontrol seluruh biaya operasionalnya.
7.      Brand Manager
a.       Melakukan promosi produk baru secara nasional
b.      Melaksanakan perubahan harga menu makanan setelah disetujui manajemen
c.       Mengevaluasi pelaksanaan promosi di seluruh restoran
d.      Melaksanakan kegiatan promosi dalam pembukaan restoran baru
e.       Bekerjasama dengan bagian operasi dalam meningkatkan penjualan di restoran.
8.      Home delivery and Catering Manager
a.       Mengelola pesanan dalam jumlah besar.
b.      Mengelola pelaksanaan setiap perayaan ulang tahun yang diadakan di restoran maupun diluar konsumen.
c.       Mengawasi dan mengontrol kegiatan pelayanan pesan antar kepada pemesan.
d.      Mengontrol seluruh biaya operasional.
e.       Mengembangkan perluasan daerah yang potensial untuk pesan antar.
f.       Mengembangkan paket ulang tahun.
  1. Public Relations Manager
a.       Menangani keluhan dari pelanggan.
b.      Merencanakan, mengatur dan melaksanakan acara-acara perusahaan, peringatan hari nasional dan kegiatan sosial.
c.       Menyusun dan mempersiapkan Annual Report (laporan tahunan).
d.      Media Monitoring
e.       Meng-update website KFC.
f.       Membuat, memproses dan mendistribusikan mapex.
  1. Media Relations Officer
a.       Bertanggung jawab kepada Public Relations Manager
b.      Melakukan penulisan material yang dibutuhkan Marketing Public Relations
c.       Memperbaharui Homepage
d.      Mempersiapkan bahan pembuatan Advertorial
e.       Mempersiapkan dan membuat Press Release
  1. Public and Informations Officer
a.       Mendistribusikan surat complaint, surat laporan bulanan kepada departemen yang terkait.
b.      Mengarsipkan laporan (berita acara) komplain dari restoran yang terkait.
c.       Mengirim surat juklak seperti kegiatan KFC peduli, tumpengan keseluruhan restoran KFC, serta kegiatan lainnya.
12.  Customer and Relations Officer (Contact Center)
1.Mengkoordinir & mengontrol complaint dan masukan dari customer
            2.Mengkoordinir & mengontrol berita di media masa / elektronik
            3.Menyelesaikan complain customer
            4.Membuat laporan bulanan mengenai trend kepuasan customer
            5.Membina hubungan dengan relasi dan komunitas jejaring internet
            6.Membantu menyiapkan meeting dan informasi crisis cent 
7.Mengkoordinir kegiatan magang,PKL dan penelitian .
13.  Kids Manager
a.       Melaksanakan promosi paket kids secara nasional.
b.      Mengadakan kegiatan Chaki Club serta merekrut anggota baru.
c.       Bekerja sama dengan bagian birthday party dan marchendising.
d.      Merencanakan paket promosi pesan antar, kids dan birthday party.
14.  Local Store Manager
a.       Bekerja sama dengan bagian operasi dalam meningkatkan penjualan di restoran
b.      Melaksanakan promosi produk yang tidak terjangkau secara nasional.
c.       Mengevaluasi pelaksanaan promosi di restoran tertentu.
d.      Merencanakan produk baru yang memiliki karakter (daerah, tempat).
15.   Marchendising Manager
a.       Merencanakan pembelian souvenir sesuai paket promosi yang telah diputuskan manajemen.
b.      Menjaga persediaan souvenir sesuai rencana promosi.
c.       Mendata pemasukan dan pengeluaran semua barang promosi.
d.      Mengadakan negosiasi dengan para supplier.
                                                                                                                                   



                                                                                                                                                                                                                       


            BAB III
                                                    METODE KERJA PRAKTIK
3.1 Tempat Kerja Praktik dan Periode Kerja Praktik
kerja praktek merupakan tugas akhir bagi mahasiswa, oleh karena itu mahasiswa dituntut untuk menyelesaikan laporan kerja praktek.  Sebelum menyelesaikan kerja praktek mahasiswa kesempatan untuk mencari sendiri institusi yang akan dijadikan objek dalam melakukan kerja praktek nantinya. Setelah mendapatkan institusi yang bersedia menerima mahasiswa untuk melakukan kerja praktek kemudian mahasiswa diharuskan membuat surat pengantar dari kampus sebagai tugas akhir bagi mahasiswa.  
A. Tempat Kerja Praktik
Penulis telah melakukan kegiatan kerja praktik pada perusahaan waralaba, kegiatan kerja praktik yang dilaksanakan di perusahaan :
Nama Perusahaan        :  PT. Fastfood Indonesia, Tbk
Alamat                                    :  Jl. MT. Haryono kav.7 Jakarta Selatan 12810
Tahun Berdiri              :  Tahun 1978
Telp                             :  021-830 1133
Fax                              :  021-8354 500
Email                           : info@kfcindonesia.com
Website                       :  www.kfcindonesia.com
Facebook account       : Facebook.com/kfc Indonesia
Twitter account           : @kfcindonesia
B. Pelaksanaan Kerja Praktik
Dalam pelaksanaan laporan kerja ini, mengambil tempat di usaha waralaba PT. Fastfood Indonesia yang bergerak dalam usaha restoran cepat saji yaitu makanan berupa ayam goreng cepat saji dan berbagai macam varian menu lainnya seperti kentang goreng, sup, burger, dsb.  Perusahaan ini berdiri pada tahun 1930-an oleh Colonel Harland Sanders dengan nama KFC inc.  Perusahaan yang ada di Indonesia, didrikan oleh Gelael Group pada 1978 sebagai pihak yang mengawali akuisisi hak waralaba KFC di indonesia.
Untuk pelaksanaan kerja praktik pada usaha yang bersangkutan diberi waktu selama 2 Minggu.  Di mulai dari 1 Agustus 2011 Sampai dengan 12 Agustus 2011, dan jam kerja di mulai pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB pada hari Senin sampai Jum’at. 

3.2.1 Studi Pustaka
Metode ini dimaksudkan untuk membantu dalam menyelesaikan laporan kerja praktik dangan beberapa referensi buku-buku yang dibutuhkan, dengan menggunakan metode ini memperoleh pengetahuan tentang judul yang diambil. Yaitu :
“PROSEDUR PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI KFC (KENTUCKY FRIED CHIKEN)  JAKARTA SELATAN”

3.2.2 Studi Lapangan
            Metode ini dilakukan dengan turun langsung ke lapangan PT. Fastfood Indonesia, Tbk dengan pengumpiulan data sebagai berikut :
a.       Observasi    :
Dilakukan dengan mengamati secara langsung kegiatan yang dijalankan PT. Fastfood Indonesia, Tbk sehubungan dengan kegiatan operasional, khususnya kegiatan prosedur pelayanan yang diterapkan oleh perusahaan PT. Fastfood Indonesia, Tbk
b.      Wawancara :
Melakukan wawancara atau tanya jawab dengan bagian marketing dan beberapa karyawan perusahaan PT. Fastfood Indonesia, Tbk secara langsung untuk memperoleh data-data yang berkaitan dengan data yang dibutuhkan oleh penulis.
c.       Praktik Kerja :
Melakukan kerja praktik langsung yang diberikan oleh perusahaan PT. Fastfood Indonesia, Tbk yang berhubungan dengan bagian prosedur pelayanan.
















                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar