Jumat, 09 Maret 2012

ANALISIS JURNAL 2


Judul            : Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Alfamart
Pengarang   : Appandy Zarkasie
Tahun          : 2011
Tema           : Kepuasan Konsumen
Latar Belakang :
Pada abad 21 era teknologi semakin memberikan akses kemudahan bagi manusia. Manusia pada dasarnya juga menginginkan perubahan teknologi tersebut untuk memberikan kemudahan dalam proses pemenuhan kebutuhan terutama kebutuhan primer dan sekunder dimana mereka hanya perlu mencarinya di dalam satu tempat lalu mengambil serta membayarnya dengan cepat hanya dalam satu tempat saja. Oleh karena itu di zaman sekarangini para pelaku bisnis banyak yang mendirikan tempat belanja yang kita kenal dengan mini market salah satunya adalah alfamart. Di Indonesia sendiri persaingan tempat belanja sangatlah ketat sehingga pelaku bisnis harus bisa memberikan kepuasan kepada konsumen  dalam memenuhi kebutuhan mereka.
Metode Penelitian
1.     Study lapangan dengan wawancara langsung dan pengamatan langsung di tempat penelitian serta memberikan kuesioner
2.     Study kepuasan mencari sumber – sumber mengenai bahasan ini melalui buku-buku yang menyangkut penelitian ilmiah ini
3.     Analisis memakai metode koefisienen korelasi berdasarkan hasil yang diperoleh dari jawaban yang di berikan oleh responden
Manfaat Penelitian :
Agar mahasiswa yang lain dapat mengetahui dan menerapkan pengetahuan yang diperoleh di perguruan tinggi serta menambah wawasan secara lebih mendalam mengenai topic yang di bahas. Secara langsung alfamart agar dapat lebih meningkatkan pelayanan terhadap konsumen.
Masalah :
Kemampuan alfamart dalam memberikan pelayanannya bagi kepuasan para konsumen terhadap harga barang , kualitas barang, fasilitas tempat, serta pelayanan pegawai alfamart.
Tujuan :
Memberi gambaran singkat perusahaantentang pelayanan yang diberikan alfamart terhadap konsumen apakah telah memuaskan konsumennya?

MANFAAT DAN TUJUAN
Penetrasi terhadap produk :
Diharapkan bisa menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.
Persepsi terhadap produk :
Analisis persepsi konsumen Indomaret dengan persepsi konsumen Alfamart terhadap lokasi berdirinya kedua minimarket tersebut diketahui memiliki perbedaan yang signifikan. Dan dalam penelitian ini yang lebih baik adalah Indomaret hal ini diketahui dari mean Indomaret yang lebih
besar dari Alfamart sebesar 12.140000>11.220000. Perbedaan ini disebabkan jarak yang di tempuh konsumen lebih dekat menuju Indomaret di bandingkan ke Alfamart, sedang menurut Hendri Ma’aruf, 115: 2005,
yang menyatakan bahwa sebuah gerai akan lebih sukses jika letaknya lebih strategis dibandingkan gerai lainya yang berlokasi kurang strategis meskipun keduanya menjual produk yang sama, oleh pramuniaga yang trampil dan banyak
Positioning terhadap produk:
Bisa untuk semua kalangan karena harga-harga alfamart biasanya bisa terjangkau oleh kalangan manapun
Strategi pemasaran terhadap produk :
Melalui iklan dalam memperkenalkan produk baru
Publishing, edvertising
Kelemahan dan kelebihan :
Kelebihan
Karena tempat nya berada di area strategis jadi memungkin para konsumen mudah datang ke minimarket ini
Kelemahan
Jarang membuat terobosan-terobosan baru.
Analisis
ANALISIS

Berdasarkan hasil pengujian diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kepuasan konsumen Indomaret dengan kepuasan konsumen Alfamart hal tersebut dapat diketahui dari penjelasan perdimensi berikut:
1. Adanya perbedaan kepuasan konsumen Indomaret dengan kepuasan konsumen Alfamart pada dimensi keresponsifan, assurance, empathy, tangible sedang pada dimensi kehandalan tidak di temukan perbedaan yang signifikan karena kedua minimarket ini memiliki faslitas yang hampir sama setelah diadakan penelitian.
2. Faktor-faktor yang membedakan kepuasan konsumen minimarket Indomaret dengan Alfamart adalah sebagai berikut :
1. Fasilitas yang dimiliki didalam memberikan pelayanan, 
2. Penentuan lokasi, 
3. Pelayanan yang diberikan,

Analisis kepuasan konsumen Indomaret dan kepuasan konsumen Alfamart terhadap kepuasan kedua minimarket tersebut diketahui memiliki perbedaan yang signifikan. Dan dalam penelitian ini yang lebih baik adalah Alfamart hal ini diketahui dari uji-t Alfamart yang lebih besar dari Indomaret sebesar 26,443 > 26,119. Berarti kualitas pelayanan berdasarkan dimensi kehandalan(Persepsi) yang diberikan oleh Alfamart dan Indomaret tidak jauh berbeda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar